Apa Perbedaan antar bus SHD dan HDD ?

Hemmm bus memang mengasyikkan kalau kita amati-amati ,yah transportasi darat ini memang paling digemari dari banyak transportasi darat lain yang ada di Indonesia.Semenjak “tololet” bunyi klakson bus yang menjadi viral di dunia maya tetntunya.Nah apakah anda tahu perbedaan bus SHD dan HDD?pasti dah tahu semua y?tapi kalau belum mari kita beritahu sedikit perbedaan dari keduanya :

Jetbus SHD (Super High Deck) memiliki tinggi sekitar 3,9m jadi lebih tinggi 20 cm dari versi Jetbus HD (High Deck).Jetbus SHD merupakan produk terbaru saat ini dan paling banyak diminati pengusaha otobus.Karena bentuk dan frame yang gagah dan futuristik tidak heran apabila SHD merupakan primadona,dengan banyak kelebihan misal ruang bagasi lebih luas sehingga bisa muat banyak barang yang diangkut,motorpun bisa masuk.

Jetbus HDD (High Deck Double Glass) secara bentuk hampir sama dan sangat mirip kerena memang diduplikat dari SHD ,yang memiliki tinggi sekitar 3,7 m jadi lebih rendah 20 cm dari versi Jetbus SHD (Super High Deck) tapi kedua produk baruy ini menjadi primadona saat ini.

Nah sekarang apa yang menjadi pembeda antara keduanya?

  1. Wiper
    Perhatikan kedua model Jetbus tersebut pada bagian wiper kaca depan bagian atas, untuk jetbus SHD akan memiliki 2 wiper yang posisi peletakan wiper motornya berada disekat / bar kaca bagian depan. Jadi posisi berada dibawah kaca bagian atas dan jumlahnya ada dua buah wiper. Berbeda dengan Jetbus HDD posisi peletakan wiper dibagia atas atau di roof dan jumlah wiper hanya satu buat.
  2. BAR KACA / TOPI /BANDO
    Kedua model Jetbus ini menggunakan sekat pembatas antara kaca depan yang biasa di sebut “Topi” atau “Bando” perbedaanya pada ketebalannnya, untuk Jetbus SHD ukurannya lebih tebal jika di bandingkan dengan model sekat kaca Jetbus HDD yang lebih tipis. Nah dengan melihat sekat pemisah kacanya kita dapat dengan mudah membedakan bus tersebut apakah Jetbus SHD atau Jetbus HDD.
  3. FENDER WHEEL
    Hal lain yang menjadi perbedaan Jetbus SHD dengan Jetbus HDD adalah pafa bagian fender wheel atau penutup roda yang biasanya terbuat dari bahan fiber glass, nah untuk box potongan di atas fender wheel ini Jetbus SHD lebih tebal dibandingkan dengan Jetbus HDD karena memang untuk kedua model ini terdapat perbedaan tinggi lantai.
  4. COWL BELAKANG
    Selanjutnya pada bagian belakang bus dapat kita perhatikan pada bentuk cowl belakang, space atau jarak antara kaca belakang dengan lubang untuk sirkulasi udara dari ruang mesin sangat berbeda. Untuk Jetbus SHD jarak kaca belakang dengan lubang sirkulasi cukup lebar jika di bandingkan dengan model Jetbus HDD yang lebih tipis.

Dah tahu sekarang perbedaanya?Bus adalah transportasi yang mengasyikkan dan sungguh enak nai bis ayoo…!

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *